Sabtu, 25 Juli 2009

RESUME TENTANG MEDIAPEMBELAJARAN

PENGGUNAAN MEDIA
Salah satu cirri media
pembelajaran adalah bahwa
media mengandung dan
membawa pesan atau
informasi kepada penerima
yaitu siswa.
Berikut ini akan diuraikan
prinsip-prinsip penggunaan
dan pengembangan media
pembelajaran.
A. MEDIA BERBASIS MANUSIA
Media berbasis manusia
merupakan media tertua yang
di gunakan untuk
mengirimkan dan terkenal
adalah gaya tutorial Socrates.
Sistem ini dapat
menggabungkannya dengan
media visual lain.
Media ini bermanfaat
khususnnya bila tujuan kita
pembelajaran siswa. Misalnya,
media manusia dapat
mengarahkan dan
mepengaruhi proses belajar
melalui ekplorasi terbimbing
dengan menganalisis dari
waktu ke waktu apa yang
terjadi pada lingkungan
belajar.
Media berbasis manusia
mengajukan dua teknik yang
efektif,yaitu rancangan yang
berpusat pada masalah dan
bertanya ala Socrates.
Langkah-langkah rancangan
jenis pembelajaran ini adalah
sebagai berikut:
1. Merumuskan masalah yang
relevan
2. Mengidentifikasi
pengetahuan dan
keteramfilan yang berkait
untuk memecahkan masalah.
Gunakan buku teks dan
ceramah sebagai sumber
untuk menyajikan
pengetahuan:
3. Ajsrksn mengapa
pengetahuan itu terpenting
dan bagaimana pengetahuan
itu dapat di terapkan untuk
pemecahan masalah:
4. Tuntun eksplorasi siswa.
Sebagai seorang instruktur
untuk pelajaran pemecahan
masalah, perannya adalah:
a. Membiarkan eksplorasi
siswa tak terintangi,
partisipasi aktif, dan bertanya
b. Membantu siswa dalam
menghubungkan pengetahuan
baru dan pengetahuan
terdahulu
c. Membantu siswa nenbentuk
dan menginternalisasi
representasimasalah atau
tugas
d. Membantu siswa
mengidentifikasi persamaan
antara masalah baru dan
pengalaman yang lalu yang
berisikan masalah yang
serupa.Jaga pada awalnya
analogi ini sederhana:
e. Berikan umpan balik
mengenai benar atau salahnya
jalan pikiran dan jalur
pemecahan masalah:
Penekanan teknik bertanya
ala Socrates adalah
penjelasan konsep-konsep dan
gagasan-gagasanmelalui
penggunaan pertayaan-
pertayaan pancingan. Sebagai
suatu teknik pembelajara, ia
harus di pikirkan dan di tatar
dengan baiak. Instruktur yang
menggunakan tekstik ini harus
belajar bagaimana mendengar
dengan hati-hati apa yang di
tanyakan dan di bahas,
Lanagkah-langkah teknik
pembelajaran Socrates adalah
sebagai berikut:
a. Mengidentifikasi pertayaan
hauristik yang meminta siswa
berbagi, menganalisis,
mengevaluasi,dan mensintesis
pekerjaan/tugas mereka,
misalnya;
Bagaimana cara mengubah
sikap negatif personalia di
jurusan kita?
Bagaimana tim pekerjaan
mandiri dimanfaatkan untuk
meningkatkan hasil belajar ?
Mengapa siswa jarang sekali
siswa bercita-cita untuk
berprofesi da bidang
pendidikan/keguruan?
b. Pembelajaran mungkin bisa
di mulai dengan diskusi dalam
kelompok besar sebagai
penambahan ekspolasi.
c. Menentukan apakah siswa
harus belajar/bekerja
bersama-sama dalam
kelompok, perorangan,
seorang demi seorang atau
secara bebas.
B. MEDIA BERBASI CETAKAN
Materi pembalajaran berbasis
cetakan yang paling umum
dikenal adalah buku test,
buku penuntun, jurnal,
majalah dan lembaran bebas.
Tek berbasis cetakan
menentukan enam enam
elemen yang perlu di
perhatikan pada saat
merancang yaitu :
• Konsistensi
• Format
• Organisasi
• Daya Tarik
• Ukuran Huruf
• Ruang (spasi) kosong
Pentunjuk berikut mungkin
dapat membantu menyiapkan
media berbasis teks interaktif.
a. Sajian informasi dalam
jumlah yang selayaknya dapat
di cerna, diproses, dan
dikuasai.
b. Pertimbangan hasil
pengamatan dan analisis
kebutuhan siswa dan siapkan
latihan yang sesuai kebutuhan
tersebut
c. Pertimbangan hasil analisi
respon siswa, bagaimana
menjawab pertanyaan atau
mengerjakan latihan
memberikan kesempatan
untuk latihan tambahan.
C. MEDIA BERBASIS VISUAL
Media berbasis visual
memegang perang yang
sangat penting dalam proses
belajar. Benuk visual bisa
berupa :
a. Gambar Representasi
b. Diagram
c. Peta
d. Grafik
Ada beberapa prinsip umum
yang perlu di ketahui untuk
penggunaan efektif media
berbasis visual sebagai
berikut :
• Usahakan visual itu
sesederhana mungkin dengan
menggunkan gambar garis,
karton, bagan, dan diagram.
• Visual digunakan untuk
menekan informasi saran
sehingga pembelajaran dapat
dilaksanakan dengan baik.
• Gunakan grafik untuk di
gamabar.
• Konsep-konsep visual itu
secara berdampingan.
• Tekanan kejelasan dalam
ketepatan dalam semua visual
• Hindari vusual yang tak
berimbang
• Visual yang diproyeksikan
harus dapat terbaca.
• Visual khusus diagram,
D. MEDIA BERBASIS AUDIO –
VISUAL
Media visual yang
menggabungkan penggunaan
siara memerlukan pekerjaan
tambahan untuk
memproduksinya.
Berikut adalah beberapa
pentunjuk praktis menulis
naskah narasi.
a. Tulis singkat padat dan
sederhana
b. Tulis seperti menbulis berit,
pendek dan tepat
c. Tulisan tidak harus kalimat
yang lengkap
d. Hindari istilah teknik
e. Tulisan dalam kalimat aktif
f. Usaha setiap kalimat tidak
lebih dari 5 kata.
E. MEDIA BERBASIS
KOMPUTER
Dewasa ini computer memiliki
fungsi yang berbeda-beda
dalam bidang pendidikan dan
latihan. Computer berperan
sebagai manajer dalam proses
pembelajaran yang dikenal
dengan nama computer
Managed Instruction (CMI).
Penggunaan computer sebagai
media pembelajran secara
umum mengikuti proses
intruksional sebagai berikut :
• Meencanakan, mengatur
dan menjadwalkan pelajaran.
• Mengevaluasi siswa
• Mengumpulkan data
mengenai siswa
• Melakukan analisis statistic
mengenai data pembelajaran
• Membuat catatan
perkembangan pembelajaran.
F. PEMENFAATAN
PERPUSTAKAAN SEBAGAI
SUMBER BELAJAR
Dalam dua decade terakhir ini
perpustakaan telah menjadi
bagain yang tidak terpisahkan
dari sekolah. Hamper disetiap
sekolah mulai dari sekolah
dasar sampai perguruan tinggi
terdapat perpustakaan
sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar