Selasa, 14 Juli 2009

MAKALAH ILMU PENDIDIKANTENTANG MEDIAPEMBELAJARAN SEBAGAI ALATBANTU DALAMMENINGKATKAN SUATUPROSES DAN HASILPEMBELAJARAN

MEDIA PEMBELAJARAN
SEBAGAI ALAT BANTU DALAM
MENINGKATKAN SUATU
PROSES DAN HASIL
PEMBELAJARAN
I. Pengertian Media
Pengajaran
Media pembelajaran itu pada
umumnya adalah merupakan
suatu alat Bantu. Dan sering
ditemmukan semacam
kebingungan atau kerancuan
dalam penggunaan istilah
pendidikan dan pengajaran.
Ada orang berpendapat
bahwa pendidikan tidak sama
dengan pengajaran dan ada
juga yang berpendapat
pendidikan lebih luas dari
pengajaran. Ada juga yang
mengatakan pendidikan
adalah suatu usaha
pengembangan aspek rohani
manusia sedangkan
pengajaran aspek jasmani dan
akal saja.
Setelah penulis menelaah
berbagai media (buku sumber)
terdapat beberapa penelitian
media pengajaran
diantaranya:
(a) Pengajaran : Hanyalah
salah satu usaha yang dapat
dilakukan oleh pendidikan
dalam mendidik anak
didiknya.
Disekolah – sekolah sekarang,
tak pelak lagi, usaha
pengajaran inilah yang
semakin menonjol dan
ditonjolkan, disertai semakin
sedikitnya usaha – usaha lain.
Bila usaha – usaha selain
pengajaran amat kurang
dilakukan di sekolah, kiranya
dapat diduga hasil pendidikan
tidak akan sempurna, yang
mana artinya pendidikan tidak
akan berhasil dalam
mengembangkan anak didik
secara utuh dan maksimal
(b) Pengajaran : Yakni
merupakan suatu benda, alat.
Metoda untuk membantu
meningkatkan efektifitas
seorang guru dengan siswa
dalam suatu proses belajar
mengajar
II. Tujuan Media Pengajaran
Pada jalan pengajaran murid –
murid akan aktif belajar dan
guru bertindak sebagai
pembimbing belajar langkah
demi langkah, yaitu dari
frame satu ke frame
selanjutnya, sampai terbentuk
pola tingkah laku
sebagaimana dikehendaki
Tujuan Pengajaran (TIK), dari
konsep inilah dikembangkan
metode pengajaran
berprogram apabila ditinjau
lebih dalam lagi tujuan dari
penggunaan media itu adalah
untuk mempermudah dan
lebih menarik perhatian siswa
sehingga dapat mendorong
suatu motivasi belajar dan
juga akan lebih bervariasi /
tidak monoton sehingga akan
lebih jelas maknanya dan
mudah untuk dipahami oleh
para siswa didik
III. Syarat – Syarat Pemilihan
Media Pengajaran
Di dalam memilih bahan
pengajaran itu konsep yang
harus diterapkan guru adalah
bahwa tugas guru bukanlah
mengajarkan pengetahuan,
tugas guru bukanlah
mengajarkan isi buku atau bab
dari buku melainkan tugas
guru itu sebenarnya adalah
untuk mencapai tujuan
pengajaran, ini berarti
pemilihan media pengajaran
sangatlah penting untuk
perumusan tujuan media
pengajaran
Dan untuk mengetahui syarat
– syarat pemilihan media
pengajaran itu kita lihat dulu
rencana untuk menyampaikan
suatu pengajaran yang mana
diantaranya:
(a) Keadaan murid yang
mencakup pertimbangan
tentang tingkat kecerdasan,
kematangan, perbedaan
individu dan lainnya
(b) Tujuan yang hendak di
capai; jika tujuannya pebinaan
daerah kognitif maka metode
drill lunang tepat digunakan
(c) Metode ceramah harus
mempertimbangkan antara
lain jangkauan suara guru
(d) Alat – alat yang tersedia
akan mempengaruhi
pemilihan metode yang akan
digunakan
(e) Kemampuan
Sedangkan syarat – syarat
pemilihan media pengajaran
itu diantaranya:
(a) Suatu proses media harus
sesuai dengan apa yang akan
disampaikan
(b) Suatu bahan kajian harus
termasuk konsep media
(c) Pemberian tugas dan
resitasi harus sesuai dengan
media yang mana akan
disampaikan
(d) Meia pengajaran yang
akan disampaikan harus
disesuaikan dengan
kemampuan para siswa didik
(e) Konsep dalam menentukan
media harus berdasarkan
materi yang disampaikan
IV. Media Pengajaran Sebagai
Alat Untuk Meningkatkan
Apabila ditinjau lebih dalam
tentang media pengajaran itu
yaitu terwujudnya tujuan itu,
pada umumnya para guru
sudah puas apabila para
pelajar sudah dapat
menguasai media pengajaran.
Apabila hal ini berjalan terus
maka akan menimbulkan
suatu proses pembelajaran
yang efektif dan efisien. Agar
para pelajar mampu
mengembangkan suatu media
pengajaran yang diteimanya
dari guru, ada berbagai faktor
yang harus di rubah dan
dikembangkan dalam dunia
pendidikan dan pengajaran,
salah satu faktor yang
dimaksud adalah perubahan
dan pengembangan serta
pemakaian metode media
pengajaran dalam mendidik
dan mengajar.
Media pengajaran sebagai alat
untuk meningkatkan
pengajaran adalah sesuatu
media pengajaran yang mana
segala kegiatannya itu
menuntut keaktifan pelajar
lebih banyak (atau seimbang)
dari keaktifan guru
digolongkan ke dalam media
pengajaran yang modern.
Maka dari itu dengan
pengajaran sangatlah
berperan sekali terhadap
kegiatan pengajaran dalam
dunia pendidikan dikarenakan
dengan adanya media
pengajaran dalam dunia
pendidikan berguna untuk
meningkatkan pengajaran
baik bagi guru pendidik
maupun anak didiknya.
V. Kesimpulan
Pengertian dari media
pengajaran yakni merupakan
suatu benda, alat, metode
untuk membantu
meningkatkan efektifitas
seorang guru dengan siswa
dalam suatu proses belajar
sedangkan tujuan penggunaan
media pengajaran yaitu untuk
mempermudah dan lebih
menarik perhatian siswa
sehingga dapat mendorong
suatu motivasi belajar dan
juga akan lebih bervariasi /
tidak monoton sehingga akan
lebih jelas maknanya dan
mudah untuk dipahami oleh
para siswa didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar